Profil Guru
Karni Harefa
,
Guru Pertama
Artikel Inspiratif
The Great Wave off Kanagawa oleh Hokusai: Dampak Seni Jepang terhadap Impresionisme Eropa
The Great Wave off Kanagawa oleh Hokusai: Dampak Seni Jepang terhadap Impresionisme Eropa Di antara kanvas-kanvas termasyhur dalam sejarah seni, salah satu yang paling langsung dikenali dan secara universal dikagumi adalah The Great Wave off Kanagawa. Diciptakan oleh seniman Jepang Katsushika Hokusai sekitar tahun 1829–1833 sebagai bagian dari seri cetakan...
Baca SelengkapnyaMembangun Komunitas Belajar di Kelas: Mendorong Kolaborasi dan Refleksi Bersama untuk Pembelajaran Mendalam
Membangun Komunitas Belajar di Kelas: Mendorong Kolaborasi dan Refleksi Bersama untuk Pembelajaran Mendalam Dalam dunia pendidikan modern, paradigma belajar telah bergeser dari model yang berpusat pada guru menjadi model yang lebih berpusat pada siswa. Salah satu pendekatan yang semakin diakui efektivitasnya adalah pembangunan komunitas belajar di kelas. Lebih dari sekadar...
Baca SelengkapnyaAi Merubah Gaya Hidup dan Peradaban
AI Merubah Gaya Hidup dan Peradaban Di setiap sudut kehidupan modern, dari ponsel di genggaman hingga sistem yang mengatur kota, sebuah kekuatan tak terlihat namun transformatif sedang bekerja: Kecerdasan Buatan (AI). Bukan lagi sekadar fiksi ilmiah, AI kini adalah bagian integral dari realitas kita, mengubah cara kita bekerja, belajar, berinteraksi,...
Baca SelengkapnyaBahasa Tubuh yang Inklusif: Bagaimana Guru Bisa Membuat Semua Siswa Merasa Diterima
Bahasa Tubuh yang Inklusif: Bagaimana Guru Bisa Membuat Semua Siswa Merasa Diterima Lingkungan kelas yang inklusif bukan hanya tentang kurikulum yang mengakomodasi berbagai kebutuhan atau kebijakan yang adil, tetapi juga sangat ditentukan oleh interaksi sehari-hari antara guru dan siswa. Salah satu aspek krusial yang sering terabaikan adalah bahasa tubuh. Bahasa...
Baca SelengkapnyaPembelajaran Mendalam dalam Pembelajaran IPA: Dari Eksperimen ke Penalaran Ilmiah
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah fondasi krusial bagi pemahaman dunia di sekitar kita. Namun, seringkali pembelajaran IPA di kelas hanya berkutat pada hafalan fakta atau serangkaian eksperimen 'ikut-buku' tanpa pemahaman mendalam. Tantangan sebenarnya adalah bagaimana membawa siswa dari sekadar melakukan eksperimen ke tingkat penalaran ilmiah yang lebih tinggi. Di...
Baca Selengkapnya