Profil Guru
Luthfan Atiqi Hulman Aufar
,
Guru Pertama
Artikel Inspiratif
Langkah-Langkah Menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Proyek di Kelas Tematik SD
Langkah-Langkah Menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Proyek di Kelas Tematik SD Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning/PBL) adalah model pembelajaran yang menempatkan siswa sebagai pusat pembelajaran melalui serangkaian kegiatan proyek yang bermakna dan relevan dengan kehidupan nyata. Di Sekolah Dasar (SD), khususnya dalam kelas tematik, PBL menjadi sangat efektif karena mampu mengintegrasikan...
Baca SelengkapnyaPermainan Apa yang Saya Pikirkan? – Tebak konsep dari deskripsi teman.
Permainan Apa yang Saya Pikirkan? – Tebak Konsep dari Deskripsi Teman Permainan Apa yang Saya Pikirkan? – Tebak Konsep dari Deskripsi Teman Permainan tebak-tebakan ini bukan hanya sekadar hiburan, tetapi juga alat pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, komunikasi, dan pemahaman konseptual. Permainan ini melibatkan satu orang yang...
Baca SelengkapnyaMengoptimalkan Artificial Intelligence untuk Membatu Guru Dalam Mengajar
Mengoptimalkan Artificial Intelligence untuk Membantu Guru Dalam Mengajar Dunia pendidikan terus berevolusi, dan para guru modern menghadapi tantangan yang semakin kompleks. Dari kurikulum yang dinamis, kebutuhan personalisasi pembelajaran untuk setiap siswa, hingga beban administratif yang tak berkesudahan, tuntutan terhadap profesi guru kian meningkat. Di tengah lanskap ini, Artificial Intelligence (AI)...
Baca SelengkapnyaWork-Life Balance bagi Guru: Antara Tugas dan Keluarga
Work-Life Balance bagi Guru: Antara Tugas dan KeluargaDi tengah dedikasi yang tinggi untuk mencerdaskan anak bangsa, guru seringkali dihadapkan pada tantangan besar dalam menyeimbangkan tuntutan profesi dengan kehidupan pribadi. Konsep work-life balance, yang esensial bagi kesejahteraan individu, menjadi semakin krusial bagi para pendidik yang beban kerjanya tak hanya terbatas di...
Baca SelengkapnyaPembelajaran dengan Puzzle Kertas – Potong informasi menjadi potongan susun kembali.
Pembelajaran dengan Puzzle Kertas – Potong informasi menjadi potongan, susun kembaliPembelajaran dengan Puzzle Kertas – Potong informasi menjadi potongan, susun kembaliPuzzle kertas bukanlah sekadar permainan anak-anak. Metode pembelajaran yang memanfaatkan potongan-potongan kertas bergambar atau bertulis ini menawarkan pendekatan unik dan efektif untuk berbagai tingkatan usia dan mata pelajaran. Dengan memotong...
Baca Selengkapnya