LKPD/JOBSHEET Mengenali dan Mengidentifikasi Unsur-Unsur Musik
Mata Pelajaran : SENI MUSIK
Tingkat: SD/MI
Kelas: 5
Penyusun:
Irma Siswati
Tanggal Dibuat: 01 Nov 2025
Tujuan Pembelajaran
1. Peserta didik dapat mengidentifikasi dan menjelaskan unsur-unsur musik (nada, irama, melodi, tempo, dan dinamika) yang didengar dari berbagai sumber suara. * Cakupan Materi: Identifikasi dan penjelasan konsep nada, irama, melodi, tempo, dan dinamika dalam musik. (4 JP) 2. Peserta didik dapat menirukan dan menerapkan unsur-unsur musik (tempo dan dinamika) menggunakan anggota tubuh atau alat musik ritmis dan melodis sederhana. * Cakupan Materi: Praktik menirukan dan menerapkan perubahan tempo (cepat/lambat) dan dinamika (kuat/lembut) pada musik. (6 JP) 3. Peserta didik dapat mengenali, menyebutkan, dan mengklasifikasikan berbagai jenis timbre (warna suara) dari alat musik dan suara manusia. * Cakupan Materi: Pengenalan dan klasifikasi timbre dari berbagai instrumen musik (ritmis dan melodis) serta suara vokal. (4 JP) 4. Peserta didik dapat mengenali dan mengidentifikasi harmoni sederhana pada lagu atau musik yang dikenal. * Cakupan Materi: Pengenalan konsep harmoni dasar dan identifikasi akor/nada yang berpadu secara sederhana dalam musik. (4 JP) 5. Peserta didik dapat mengeksplorasi unsur-unsur musik (nada, irama, melodi, tempo, dinamika, timbre) menggunakan alat musik dan/atau teknologi musik sederhana yang sesuai dengan kondisi setempat. * Cakupan Materi: Eksplorasi kreatif unsur-unsur musik melalui permainan alat musik, aplikasi musik sederhana, atau perangkat digital lainnya. (8 JP)
Langkah-langkah Kegiatan
1. Peserta didik dapat mengidentifikasi dan menjelaskan unsur-unsur musik (nada, irama, melodi, tempo, dan dinamika) yang didengar dari berbagai sumber suara. * Cakupan Materi: Identifikasi dan penjelasan konsep nada, irama, melodi, tempo, dan dinamika dalam musik. (4 JP) 2. Peserta didik dapat menirukan dan menerapkan unsur-unsur musik (tempo dan dinamika) menggunakan anggota tubuh atau alat musik ritmis dan melodis sederhana. * Cakupan Materi: Praktik menirukan dan menerapkan perubahan tempo (cepat/lambat) dan dinamika (kuat/lembut) pada musik. (6 JP) 3. Peserta didik dapat mengenali, menyebutkan, dan mengklasifikasikan berbagai jenis timbre (warna suara) dari alat musik dan suara manusia. * Cakupan Materi: Pengenalan...
Silahkan login untuk membaca LKPD/JOBSHEET SENI MUSIK Mengenali dan Mengidentifikasi Unsur-Unsur Musik selengkapnya
Login
Masuk dengan belajar.id