MODUL AJAR : DASAR-DASAR KULINER - Penerapan K3 dan Kelestarian Lingkungan (CHSE) di Bidang Kuliner

Tingkat: SMK/MAK

Kelas: 10

Topik : Penerapan K3 dan Kelestarian Lingkungan (CHSE) di Bidang Kuliner

Penyusun: FIRDAUS FIRDAUS

Tanggal Dibuat: 18 Dec 2025


Profil Lulusan

  • Keimanan dan Ketakwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa: Peserta didik diharapkan memiliki moral dan etika yang baik dalam menjalankan profesinya, serta bertanggung jawab atas keselamatan dan kesehatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan.
  • Kewargaan: Menghargai keberagaman dan mampu berinteraksi secara positif dengan kolega dan pelanggan dari berbagai latar belakang sosial.
  • Penalaran Kritis: Mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan menyelesaikan masalah terkait keamanan pangan, kebersihan, kesehatan, dan keselamatan kerja di bidang kuliner.
  • Kolaborasi: Mampu bekerja sama dalam tim, membangun hubungan yang harmonis dengan kolega dan pelanggan, serta berkontribusi aktif dalam mencapai tujuan bersama di lingkungan dapur.
  • Kemandirian: Memiliki inisiatif dan tanggung jawab dalam melaksanakan tugas-tugas dasar kuliner, termasuk menjaga kebersihan dan keselamatan kerja.
  • Kesehatan: Memahami dan menerapkan praktik kebersihan dan kesehatan diri serta lingkungan kerja untuk mencegah penyakit dan kecelakaan.
  • Komunikasi: Mampu menyampaikan informasi dan berinteraksi secara efektif baik verbal maupun nonverbal dalam konteks kerja kuliner.

Sarana dan Prasarana

  • Ruang Kelas/Laboratorium: Ruangan yang nyaman dengan meja dan kursi yang memadai untuk diskusi kelompok dan presentasi.
  • Dapur Praktik: Dapur standar yang dilengkapi dengan kitchen equipment dan kitchen utensils dasar (kompor, oven, wastafel, meja kerja, pisau, talenan, panci, wajan).
  • Peralatan Kebersihan: Sabun cuci tangan, tisu, lap bersih, tempat sampah terpilah (organik/anorganik), desinfektan.
  • Alat Pelindung Diri (APD) Dasar: Celemek, hairnet/topi chef, sarung tangan sekali pakai.
  • Media Pembelajaran: Proyektor, layar, papan tulis/flipchart, spidol, laptop/komputer, speaker.
  • Bahan Ajar: Modul ajar, buku teks, video tutorial (misal: tentang mencuci tangan yang benar, penggunaan APD), infografis K3 dan CHSE.

Target Peserta Didik

  • Peserta didik reguler/tipikal: Umumnya tidak memiliki kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.
  • Peserta didik dengan kesulitan belajar: Memiliki gaya belajar yang beragam, membutuhkan pendekatan dan bimbingan lebih intensif.
  • Peserta didik dengan pencapaian tinggi: Memiliki kemampuan yang lebih cepat dalam memahami materi dan dapat diberikan pengayaan.
  • Jumlah peserta didik: Maksimal 32 peserta didik per kelas.
  • Peserta didik kelas 10 SMK/MAK Jurusan Kuliner.

Model Pembelajaran

Discovery Learning

Silahkan login untuk membaca Modul Ajar Dasar-dasar Kuliner - Penerapan K3 dan Kelestarian Lingkungan (CHSE) di Bidang Kuliner selengkapnya

Login Masuk dengan belajar.id Masuk dengan belajar.id
Filter Berdasarkan Tingkat