MODUL AJAR : CAPAIAN PEMBELAJARANKREATIVITAS, INOVASI, DAN KEWIRAUSAHAAN - Konsep Dasar Inovasi dan Identifikasi Peluang

Tingkat: SMK/MAK

Kelas: 11,12

Topik : Konsep Dasar Inovasi dan Identifikasi Peluang

Penyusun: LILY SETIAWATI LILY SETIAWATI

Tanggal Dibuat: 16 Dec 2025


Profil Lulusan

  • Penalaran Kritis: Peserta didik mampu menganalisis informasi, mengevaluasi argumen, dan merumuskan solusi inovatif berdasarkan data dan fakta.
  • Kreativitas: Peserta didik mampu menghasilkan ide-ide baru, orisinal, dan relevan untuk memecahkan masalah atau menciptakan nilai.
  • Kolaborasi: Peserta didik mampu bekerja sama secara efektif dengan orang lain dalam tim, berkontribusi pada tujuan bersama, dan menghargai perbedaan pandangan.
  • Kemandirian: Peserta didik memiliki inisiatif, tanggung jawab, dan kemampuan untuk belajar serta mengembangkan diri tanpa bergantung sepenuhnya pada bimbingan.
  • Komunikasi: Peserta didik mampu menyampaikan ide, informasi, dan argumen secara jelas, baik lisan maupun tulisan, kepada audiens yang berbeda.

Sarana dan Prasarana

  • Ruang Kelas: Ruang kelas yang nyaman dengan pengaturan meja dan kursi yang fleksibel untuk diskusi kelompok.
  • Papan Tulis Interaktif/Whiteboard & Spidol: Untuk menjelaskan konsep dan mencatat ide-ide.
  • Proyektor & Laptop: Untuk presentasi materi, studi kasus, dan penayangan video inspiratif.
  • Akses Internet & Komputer/Tablet: Untuk riset, mencari informasi, dan melihat contoh inovasi.
  • Alat Tulis & Kertas Flipchart/Sticky Notes: Untuk brainstorming, mind mapping, dan kegiatan kolaboratif.
  • Bahan Bacaan & Referensi: Buku teks, artikel ilmiah, atau majalah terkait inovasi dan kewirausahaan.
  • Kamera/Smartphone: Untuk dokumentasi kegiatan dan observasi lingkungan jika diperlukan.

Target Peserta Didik

Modul ini dirancang untuk peserta didik kelas 11 dan 12 SMK/MAK program keahlian TPFL (Teknik Pembangkit Tenaga Listrik), yang meliputi:

  • Peserta Didik Reguler/Tipikal: Peserta didik dengan kemampuan kognitif dan gaya belajar umum yang tidak memiliki kesulitan belajar atau kebutuhan khusus.
  • Peserta Didik dengan Gaya Belajar Beragam: Materi dan kegiatan disesuaikan untuk mengakomodasi peserta didik dengan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik melalui kombinasi presentasi, diskusi, studi kasus, dan aktivitas praktik.
  • Peserta Didik yang Siap Berkolaborasi: Diharapkan peserta didik memiliki motivasi untuk belajar dalam kelompok dan berkontribusi aktif dalam kegiatan proyek.
  • Jumlah Peserta Didik: Idealnya 20-36 peserta didik per kelas untuk optimalisasi interaksi dan bimbingan.

Model Pembelajaran

Berbasis Proyek (Project-Based Learning)

Silahkan login untuk membaca Modul Ajar Capaian Pembelajarankreativitas, Inovasi, Dan Kewirausahaan - Konsep Dasar Inovasi dan Identifikasi Peluang selengkapnya

Login Masuk dengan belajar.id Masuk dengan belajar.id
Filter Berdasarkan Tingkat