MODUL AJAR : BAHASA INDONESIA - Mendengarkan dan Mengidentifikasi Informasi Diri dan Keluarga
Tingkat: SD/MI
Kelas: 2
Topik : Mendengarkan dan Mengidentifikasi Informasi Diri dan Keluarga
Penyusun:
Ruspan Ruspan
Tanggal Dibuat: 26 Oct 2025
Profil Lulusan
Melalui pembelajaran ini, peserta didik diharapkan memiliki dimensi Profil Pelajar Pancasila sebagai berikut:
- Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia: Peserta didik dapat mensyukuri anugerah indra pendengaran dan menggunakannya dengan bijak untuk menerima informasi, serta menghargai pendapat mitra tutur.
- Bernalar Kritis: Peserta didik mampu mengidentifikasi, memilah, dan memahami informasi penting dari percakapan atau teks aural yang didengar.
- Bergotong Royong (Kolaborasi): Peserta didik dapat bekerja sama dalam kelompok untuk mengidentifikasi informasi dan mendiskusikan hasil temuan.
Sarana dan Prasarana
- Ruang Kelas: Ruangan yang nyaman, bersih, dan cukup luas untuk kegiatan individu maupun kelompok.
- Media Audio: Speaker atau pengeras suara untuk memutar teks aural/percakapan.
- Proyektor: Untuk menampilkan instruksi, visual pendukung, atau lembar kerja (jika diperlukan).
- Papan Tulis/Whiteboard: Untuk menuliskan poin-poin penting, instruksi, atau hasil diskusi.
- Alat Tulis: Pensil, pulpen, penghapus, buku catatan untuk peserta didik.
- Lembar Kerja Peserta Didik: Lembar kerja yang berisi tabel atau pertanyaan untuk mencatat informasi yang didengar.
- Teks Aural: Rekaman percakapan sederhana tentang perkenalan diri, anggota keluarga, atau deskripsi lingkungan sekitar yang relevan dengan usia peserta didik kelas 2 SD.
Target Peserta Didik
- Peserta Didik Reguler/Tipikal: Peserta didik umum yang tidak memiliki kesulitan belajar atau hambatan dalam mencerna dan memahami informasi.
- Peserta Didik dengan Kesulitan Belajar: Peserta didik yang mungkin memiliki kesulitan dalam berkonsentrasi saat menyimak, membutuhkan pengulangan, atau bimbingan lebih intensif.
- Peserta Didik dengan Pencapaian Tinggi: Peserta didik yang mampu menyerap informasi dengan cepat, dapat menganalisis lebih dalam, dan dapat menjadi tutor sebaya.
Secara umum, modul ini dirancang untuk peserta didik kelas 2 SD/MI dengan rentang usia 7-8 tahun yang berada pada fase A pembelajaran Bahasa Indonesia.
Model Pembelajaran
Berbasis Masalah (Problem-Based Learning / PBL)
Silahkan login untuk membaca Modul Ajar Bahasa Indonesia - Mendengarkan dan Mengidentifikasi Informasi Diri dan Keluarga selengkapnya
Login
Masuk dengan belajar.id