MODUL AJAR : CAPAIAN PEMBELAJARANKREATIVITAS, INOVASI, DAN KEWIRAUSAHAAN - Kewirausahaan: Dari Ide Hingga Rencana Usaha Komprehensif
Tingkat: SMK/MAK
Kelas: 12
Topik : Kewirausahaan: Dari Ide Hingga Rencana Usaha Komprehensif
Penyusun:
YULIA RIZKI NURMALA
Tanggal Dibuat: 23 Oct 2025
Profil Lulusan
Modul ajar ini dirancang untuk mengembangkan profil lulusan yang memiliki dimensi sebagai berikut:
- Keimanan dan Ketakwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa: Peserta didik diharapkan dapat menjalankan usaha dengan integritas, etika, dan tanggung jawab sosial sebagai bagian dari nilai-nilai spiritual.
- Penalaran Kritis: Kemampuan menganalisis peluang usaha, menyusun strategi, dan mengevaluasi risiko dengan logis dan mendalam.
- Kreativitas: Kemampuan menghasilkan ide-ide usaha inovatif, solusi pemasaran yang menarik, dan produk/jasa yang unik.
- Kolaborasi: Keterampilan bekerja sama dalam tim untuk mengembangkan rencana usaha, berbagi ide, dan mencapai tujuan bersama.
- Kemandirian: Inisiatif, tanggung jawab, dan kemampuan mengambil keputusan dalam merencanakan dan menjalankan sebuah usaha.
- Kesehatan: Pemahaman tentang pentingnya keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi, serta praktik bisnis yang berkelanjutan.
- Komunikasi: Keterampilan mempresentasikan ide usaha secara jelas dan meyakinkan, serta berinteraksi efektif dengan berbagai pihak terkait.
Sarana dan Prasarana
- Ruang Kelas: Kelas yang nyaman dengan tata letak fleksibel untuk diskusi kelompok dan presentasi.
- Teknologi:
- Proyektor LCD dan layar proyektor.
- Komputer/laptop dengan akses internet yang stabil.
- Software pengolah kata (MS Word/Google Docs) dan lembar kerja (MS Excel/Google Sheets) untuk penyusunan laporan dan proyeksi keuangan.
- Aplikasi presentasi (MS PowerPoint/Google Slides/Canva).
- Akses ke platform pembelajaran daring (LMS) atau komunikasi tim (Google Meet/Zoom) jika diperlukan.
- Media Pembelajaran:
- Papan tulis interaktif atau whiteboard dan spidol.
- Flip chart atau sticky notes untuk brainstorming.
- Contoh-contoh business plan dan studi kasus usaha.
- Referensi & Sumber Daya:
- Buku-buku teks kewirausahaan, manajemen, pemasaran, dan keuangan.
- Jurnal bisnis, artikel daring, dan laporan industri terkait Geologi Pertambangan.
- Akses ke internet untuk riset pasar dan informasi bisnis terkini.
- Alat Praktikum/Simulasi (jika ada):
- Materi untuk simulasi produk/jasa (opsional, disesuaikan dengan ide usaha peserta didik).
- Mitra Eksternal (virtual/langsung):
- Akses ke narasumber (praktisi/pebisnis di bidang Geologi Pertambangan atau umum).
Target Peserta Didik
Peserta didik yang menjadi target dalam modul ajar ini adalah:
- Tingkat Pendidikan: Peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK/MAK) kelas 12.
- Jurusan: Geologi Pertambangan, namun modul ini juga relevan untuk jurusan lain dengan penyesuaian konteks.
- Karakteristik Umum:
- Memiliki motivasi untuk belajar dan mengembangkan ide usaha.
- Telah memiliki dasar pengetahuan tentang mata pelajaran produktif di jurusannya.
- Mampu bekerja secara mandiri maupun dalam kelompok.
- Mungkin memiliki tingkat pemahaman yang beragam (homogen dalam konteks kelas 12 SMK/MAK, namun tetap mempertimbangkan perbedaan gaya belajar dan kecepatan belajar).
- Tertarik untuk menciptakan inovasi dan peluang di bidang yang relevan dengan keahlian mereka atau di bidang lain yang potensial.
- Jumlah Peserta Didik: Idealnya satu kelas (sekitar 20-36 peserta didik) yang dapat dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil untuk proyek.
Model Pembelajaran
Berbasis Proyek (Project-Based Learning)
Silahkan login untuk membaca Modul Ajar Capaian Pembelajarankreativitas, Inovasi, Dan Kewirausahaan - Kewirausahaan: Dari Ide Hingga Rencana Usaha Komprehensif selengkapnya
Login
Masuk dengan belajar.id